Berumah Mimpi #6: Belajar Memberi Nama

Kemarin lusa aku kembali lagi ke Rumah Mimpi karena aku sudah berjanji pada adik-adik untuk datang kembali membawa boneka tangan.  Saat aku datang pukul 16.30 WIB, aku tidak melihat mereka di taman. Hari itu taman tidak seperti biasanya. Ada panggung dan banyak stand yang ternyata untuk memperingati hari Aids tepat di 1 Desember. Ada banyak orang-orang berpakaian kaos hitam yang belakangan aku tahu adalah panitia penyelenggara.

Mataku terus menerobos kerumunan, mencari para adik didik atau pengajar. Aku terus berjalan hingga tiba di gedung putih di taman itu. Ternyata beberapa pengajar sudah datang dan salah satunya mengatakan padaku bahwa adik-adik mencariku dan kini berada di ujung sisi lain taman.

Aku berjalan, mencari, dan akhirnya menemukan mereka. Ada April, Ayu, dan Nisa yang sedang menuntun sepeda. Mereka langsung menyapaku dan lalu aku ajak mereka ke tengah taman untuk duduk di bangku merah. Tidak berapa lama Bagas datang dan langsung ikut berkumpul bersama kami.

Di antara keriuhan soundsystem dan panitia yang sedang mempersiapkan segala keperluan acara, kami asik bermain boneka tangan. Mereka sangat antusias dengan mainan edukatif ini bahkan sebelum aku mengeluarkannya dari tas. Mereka cepat-cepatan memesan boneka yang mereka inginkan dan langsung berebut saat aku menaruhnya di atas meja.

Adik-adik ini berbagi boneka. Setelah masing-masing mendapatkannya, mereka bertanya masing-masing nama dari boneka itu. Mereka sudah mengenal Momo, Kero, Ruby, dan Mowgli di pertemuan sebelumnya. Jadi mereka penasaran dengan nama boneka berbentuk beruang, bebek, dan gajah yang baru kali hari ini aku bawa.

Aku bilang bahwa mereka belum punya nama. Aku meminta mereka menamainya dan mereka kebingungan.

“Kalau ini siapa ya, teh?”, tanya April sambil mengacungkan boneka gajah.

“Elyn bagus ga?”, responku.

“Bagus teh. Elyn aja”.

“Dari Elephant, bahasa Inggrisnya gajah”, terangku.

Kemudian April minta aku mengulang kata Elephant dan Elyn.

“Bahasa Inggrisnya beruang apa, teh?”, sambar Nisa.

Bear

“Berra bagus ga, teh?”, tanya Nisa sambil mengangkat boneka beruang.

“Bagus”

“Berra atau Berry ya?”, bingungnya.

“Maunya apa hayo?”, godaku.

Akhirnya disepakati boneka beruang bernama Berra.

“Bebek dikasih nama apa ya, teh?”, Bagas bertanya memakai boneka bebek di tangan kanannya dan boneka anjing di tangan kirinya.

“Itu kan bebek. Coba bikin nama dari kata wek wek”, timpalku.

“Wok wok, teh”, usul bagas.

“Ma’ enya (masa iya) wok wok” ledek Nisa.

“Bebeknya orang Jawa”, sahutku teringat suami tante yang bernama Om Wowo.

“Apa atuh ya?”, Bagas kebingungan.

“Ya gapapa kalau mau itu. Hmm… atau Wawa. Bagus ga Wawa?”

“Bagus, teh”, semua menimpali.

Setelah semua sepakat, mereka bersama-sama bermain boneka. Mereka berbincang sambil menggerak-gerakkan boneka di tangan mereka. Tiba-tiba Bagas memintaku bernyanyi If You are Happy and You Know, sebuah lagu yang kami nyanyikan di pertemuan sebelumnya. Lalu kami bersama-sama bernyanyi. Aku senang sekali mereka langsung merespon dengan bertepuk tangan saat kata “clap”, menghentakkan kaki saat kata “stomp”, dan mengatakan “oke” saat aku berkata “say ok”.

Tiba-tiba pengajar lain datang, mengatakan bahwa kak Fahmi sudah berada di mushola. Kami sudah mengagendakan pertemuan hari itu untuk merekam video sebuah lagu yang adik-adik buat sendiri liriknya. Kami langsung pindah ke mushola. Sebenarnya, awal rencana pembuatan video akan berlangsung di taman. Pasti lebih menarik. Sayangnya di luar sangat berisik dan ramai.

Keseruan di dalam mushola bisa teman-teman baca di tulisannya selanjutnya.

Bandung, 3 Desember 2016

One thought on “Berumah Mimpi #6: Belajar Memberi Nama

  1. Pingback: Berumah Mimpi #6,5 : Siapa yang tahu? Acungkan Tangan! | Risna's Journal

Leave a Reply

