Sensory Storytelling by Craig Jenkins

img_0901Kelas pertama yang aku ikuti ini terasa menyenangkan karena Craig mengajak kami untuk menggunakan semua panca indera saat mendongeng. Ia memandu kami untuk dapat memproduksi berbagai jenis suara, misalnya suasana alam (hutan dan laut) serta suasana kebisingan perkotaan. Ia membagi kami menjadi beberapa grup dan setiap kelompok membuat suara yang berbeda dalam satu tema. Hasilnya, perpaduan itu menghasilkan sebuah harmonisasi.

Selanjutnya, Craig menyontohkan cara kerja indra pencium dan perasa. Ia meminta beberapa orang untuk maju ke depan dan mengikuti instruksinya. Aku dengan sedikit malu-malu memberanikan diri untuk maju ke depan bersama empat orang lainnya. Kemudian Craig meminta kami untuk membayangkan hal yang dilakukan jika berada dalam situasi tertentu, misalnya Craig memberiku sebuah parfum (kasat mata) yang baunya sangat menjijikkan dan aku mencoba mempraktikkannya. Aku merasa kaku dan malu karena sudah lama tidak bermain teater atau berada di depan banyak orang.

img_0904

salam dari aku, Momo, dan Craig Jenkins

Craig lalu mengajarkan kami membuat ilustrasi berbagai benda menggunakan tubuh kami, contohnya bentuk matahari, pohon, dan ikan. Terakhir, ia menutup kelas dengan sebuah pertunjukkan dongeng dengan menggunakan semua pancaindra.

Terimakasih telah memberikan kelas yang menyenangkan ini, Craig!

Advertisements

One thought on “Sensory Storytelling by Craig Jenkins

  1. Pingback: Sekilas tentang Kelas di Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 | Risna's Journal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s