Meet and Greet with Pauline Oud

Sore ini sangat menarik. Sebab, ini kali pertama aku bertemu penulis dan illustrator buku anak-anak dari luar negeri, yaitu Pauline Oud. Ia adalah seorang penulis dan illustrator buku anak dari Belanda yang sangat berpengalaman. Sejak 1994 sudah lebih dari 300 bacaan anak ia ilustratori dan sejak 2007 ia mulai menulis dan mengilustrasi buku-buku karangannya.

img_0294

Bagiku, sosok Pauline Oud sangat inspiratif. Darinya aku mengetahui proses kreatif bacaan anak, terutama untuk balita. Berbeda dari penulis lainnya, ia mendesain keseluruhan isi buku buatannya sendiri.

Dari websitenya aku mendapatkan informasi bahwa keahliannya membuat ilustrasi didasari oleh latar pendidikan dan pengalaman pekerjaannya. Setelah lulus dari Utrecht Academy of Fine Arts pada 1985, Pauline Oud bekerja sebagai pekerja seni dan sebagai guru menggambar dan juga melukis selama bertahun-tahun. Jadi tidak heran hasil karyanya kini sangat mengagumkan serta mendapatkan penghargaan.

Buku pertamanya berjudul the Bunny Lily and Mouse Milo: Getting dressed with Lily and Milo, dicetak oleh Clavis Publishers dan dipublikasikan pada 2007, terpilih sebagai 10 buku bergambar terbaik dari the National Reading Days oleh CPNB dan Reading Foundation. Buku Lily dan Milo sudah menjadi sebuah seri terbaik untuk balita.

Setelah Pauline Oud selesai menceritakan proses pembuatan Lily and Milo, para orangtua dan anak-anak bergiliran berfoto bersamanya. Ia sangat baik dan rendah hati. Sebelum dan setelah acara berlangsung aku beberapa kali melihatnya menceritakan kisah Lily and Milo secara langsung pada satu demi satu anak-anak. Setelah acara, ia pun membagikan postcard bergambar Lily and Milo yang ia tanda-tangani. Aku juga menceritakan padanya tentang ketertarikanku pada bacaan anak. Ia sangat mendukung dan mempersilahkan aku menghubunginya langsung untuk segala pertanyaan yang ingin aku ajukan tentang bacaan anak.

Betapa senangnya bisa bertemu dengan sosok Pauline Oud. Tidak hanya aku yang bahagia tapi pun para orangtua dan juga anak-anak. Mereka sangat menikmati acara meet and greet bersama Pauline Oud. Ditambah lagi acara-acara lain yang menyenangkan membuat semua senyum dan tawa peserta merekah. Selain acara meet and greet,  ada juga acara-acara positif lainnya bagi perkembangan anak-anak, misalnya workshop permainan tradisional, permainan outdoor, dan story reading.

Terimakasih kepada Clavis Indonesia, Jagad Alit Waldorf School, dan Pustakalana sebagai penyelenggara acara “We Share We Care”.

  • Clavis Indonesia adalah sebuah penerbit buku anak-anak terbesar yang didirikan oleh keluarga Wreck pada tahun 1981 dengan kantor di Belgium, The Netherlands dan United State.img_0288
  • Jagad Alit – Waldorf School adalah sebuah Playgroup dan TK yang mengadaptasi  konsep pendidikan Waldorf School dengan nilai-nilai budaya Indonesia dan budaya lokal daerah setempat.
  • Pustakalana merupakan organisasi not-for-profit yang menyediakan layanan berupa perpustakaan untuk anak, warung buku anak dan dewasa, dan kegiatan ruang terbuka untuk anak (khususnya usia 2 – 6 tahun).

Ikatan dari ketiga penyelenggara acara tersebut adalah anak-anak. Hemat saya, tujuannya pun sama yaitu memenuhi kebutuhan jiwa anak-anak untuk tumbuh menjadi generasi yang mandiri, kreatif, dan memiliki nilai-nilai positif lainnya dalam diri.

Bandung, 5 oktober 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s